Bahan Kain Hycon, Karakteristik dan Penggunaannya

Bahan hycon, apakah sahabat muslimah sudah mengetahui tentang kain ini? Ya dari namanya memang kita sudah lumayan faliliar karena bahan ini sudah banyak digunakan menjadi berbagai busana muslimah syar’i dan juga jilbab atau hijab. Namun bagi sahabat yang belum mengetahui tentang ciri dan karakteristik dari kain hycon ini, GamisJilbabSyari.com dalam tulisan ini akan berusaha mengulas Bahan Kain Hycon, Karakteristik dan Penggunaannya ini agar sahabat mengetahui dengan jelas.

Apa Itu Bahan Hycon?

Bahan dan kain hycon ini sebenarnya masih satu keluarga dengan bahan ceruti dan juga sifon, namun karena ada beberapa perbedaan sehingga bahan ini mempunyai nama sendiri dan juga sifat sendiri, serta mempunyai pangsa pasar tersendiri juga.

bahan kain hycon
bahan kain hycon. image:berkahtextile.blogspot.com

Kain hycon dibuat dari bahan campuran antara polyester dan sutera, sehingga mempunyai ciri permukaan yang licin dan halus. Bahan ini juga memiliki bentuk fisik seperti chiffon atau sifon tetapi sedikit lebih tebal. Jika sahabat rasakan dengan tangan, bahan hycon juga akan terasa lebih lembut jika dibandingkan dengan material chifon yang licin. Hal ini juga yang membuat banyak desainer dan juga pengguna yang memanfaatkan jenis kain ini menjadi bahan utama jilbab. Dengan bahan yang lembut dan adem ini tentunya akan membuat penggunanya merasa nyaman.

Karakteristik dan Ciri-ciri Bahan Hycon

Untuk memudahkan sahabat dalam mengetahui detil tentang bahan ini, maka ada beberapa ciri yang bisa dipakai untuk menemukan bahan hycon ini yaitu:

  • Pada umumnya bahan hycon ini harganya lebih murah dibandingkan dengan harga bahan ceruti, namun dengan bertambahnya kandungan sutera yang ada di bahan ini tentunya harganya akan mengikuti.
  • Bahan hycon mempunyai kelembutan yang lebih baik dibandingkan dengan sifon atau ceruti, namun kurang licin dibanding sifon.
  • Kain hycon lebih tebal dari sifon sehingga banyak yang tidak menambahkan furing pada busana yang terbuat dari bahan ini.
Baca Juga:  Inilah Bahan Kain Baby Terry, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Serta Penggunaannya

Penggunaan Bahan kain Hycon Untuk Muslimah

Dengan keistimewaan kain hycon ini maka banyak yang menggunakannya untuk membuat jilbab dengan berbagai bentuk kerutan yang unik dan khas, dimana dengan banyak kerutan atau lekukan ini tidak membuat jilbab tampak tebal menumpuk. Dan untuk membuat jilbab lebih bervariasi dan berpenampilan yang maksimal, sahabat dapat menggunakan tambahan inner atau ciput pada bagian dalamnya.

contoh bahan hycon
contoh bahan hycon. image: pinterest.com

Selain jilbab, kain hycon ini juga banyak digunakan sebagai bahan utama untuk membuat busana muslimah seperti gamis syar’i, rok, dress dan busana wanita lainnya. Dengan menyesuaikan warna dari jilbab dengan busana muslimnya maka akan terlihat serasi dan senada. Dan keistimewaan lainnya dari bahan pakaian ini adalah teksturnya yang lebih tebal dibandingkan dengan kain sifon namun lembut sehingga banyak desainer yang tidak membutuhkan kain furing sebagai pelapis dalaman pakaian dari bahan hycon ini. Namun jika sahabat muslimah masih merasa tidak nyaman jika tidak manambah furing, maka penambahan furing ini tentunya akan memberikan tambahan perasaan aman dan nyaman bagi sahabat.

bahan kain hycon polos
bahan kain hycon polos. image: fabricuk.com

Demikianlah sahabat dengan tulisan tentang Bahan Kain Hycon, Karakteristik dan Penggunaannya yang sudah diulas di atas. Kami tim GamisJilbabSyari.com mengucapkan terima kasih atas kesabaran sahabat dalam membaca artikel ini, semoga dapat mengerti dan memahami  serta mendapatkan ilmu baru yang dapat diaplikasikan di masyarakat. Jika ada pertanyan, keluhan atau saran tentang artikel kami, silahkan hubungi kami melalui halaman contact us. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply