Apakah Bahan Kain Twiscone Itu? Inilah Penjelasan Lengkapnya

0
62545

Bahan atau kain twiscone merupakan salah satu jenis bahan pakaian yang banyak dipergunakan untuk membuat berbaagai macam dan model busana, terutama bagi wanita. Penggunaannya mulai dari blazer, dress, baju gamis dan lainnya. Namun, apakah sahabat muslimah mengetahui dan bisa membedakan dengan pasti tentang bahan twiscone ini? Jika belum bisa, maka tulisan ini layak untuk sahabat baca sebagai penambah referensi terutama mengenai jenis bahan kain untuk busana yang sering dipakai.

Apakah Bahan Kain Twiscone Itu?

Seperti kita ketahui jika dilihat dari asal-usulnya, bahan kain secara garis besar terbagi menjadi dua jenis yaitu jenis kain yang terbuat dari jaringan serat alami, dan satunya yaitu dibuat dari bahan kimia (buatan). Salah satu diantaranya yaitu berupa kain twiscone yang memiliki karakteristik ringan, lembut dan jatuh.

Jika sahabat biasa membeli bahan kain hycone dan juga sifon, maka sahabat akan menemukan bahwa kedua bahan itu hampir sama karekteristiknya dengan bahan kain twiscone. Namun jika sahabat melihat denga jeli, maka akan terdapat beberapa perbedaan yaitu, dibandingkan dengan bahan hycone dan chifon, kain twiscone mempunyai serat yang lebih padat. Lalu jika diamati secara detail struktur penyusun atau jalinan benang pada kain tekstil tersebut akan tampak seperti twisted (kepang). Maka dari itu bahan twiscone ini cenderung berserat dan tidak terlalu menerawang jika dibandingkan dengan kain chifon.

bahan kain twiscone. image: internet
bahan kain twiscone. image: internet

Setelah melihat penampilan visual dari bahan kain twiscone ini, sahabat dapat membandingkan ketebalan antara bahan twiscone dengan bahan lainnya. Dari segi ketebalan kainnya, bahan twiscone umumnya memiliki kualitas yang berbeda-beda. Kain twiscone yang diciptakan dalam warna-warna gelap biasanya memiliki tampilan yang sedikit lebih pekat dan tidak menerawang jika dibandingkan dengan kain twiscone standard yang berwarna putih.

Sifat dan Ciri-ciri Bahan Twiscone

Berikut ini adalah ciri-ciri dan sifat dari bahan kain twiscone yang dapat sahabat gunakan sebagai acuan saat memembeli bahan kain. Sifat dan ciri-ciri dari bahan twiscone ini antara lain:

1.Bertekstur licin dan lebih tipis, namun lebih tebal dibandingkan dengan bahan chiffon.

Bahan twiscon ini jiks dibandingkan dengan bahan chiffon maka akan terlihat lebih tebal, namun jika dibandingkan dengan bahan hycon maka bahan ini terlihat lebih tipis.

2.Sifatnya lembut, ringan dan jatuh di badan

Dengan mempunyai sifat yang ringan, lembut dan jatuh di badan maka bahan twiscone ini sangat cocok dibuat menjadi busana muslimah syar’i seperti baju gamis dan jilbab, karena dalam pembuatannya baju gamis membutuhkan bahan kain yang banyak sehingga memerlukan sifat kain yang ringan, lembut dan jatuh di badan.

3.Tidak menyerap keringat

Nah ini merupakan salah satu kekurangan dari bahan twiscone. Dengan sifatnya yang panas dan tidak menyerap keringat maka baju dari bahan ini lebih cocok dipakai di dalam ruangan yang terdapat pendingin ruangan.

contoh busana gamis set bahan twiscone
contoh busana gamis set bahan twiscone. image: internet

4.Tidak melar atau stretch

Dengan sifatnya yang tidak melar atau stretch ini, maka kebanyakan busana yang dibuat dari bahan twiscone ini adalah busana resmi.

5.Tidak mudah berbau

Sahabat pernah berganti baju saat keringat keluar? Yang ada pastinya adalah bau keringat yang kadang tidak membuat kita nyaman di dekatnya. Namun ternyata bahan twiscone ini mempunyai karakteristik yang tidak mudah berbau sehingga banyak dipakai untuk alternatif untuk membuat baju atau busana muslim.

Selain karakteristik yang sudah disebutkan diatas, secara garis besar kain twiscone yang biasa dimanfaatkan untuk membuat shawl, blazer dan produk desain baju lainnya ini memiliki banyak kemiripan dengan kain chifon namun sedikit lebih tebal. Oleh sebab itulah busana yang dibuat dari bahan twiscone sebagian besar tidak membutuhkan furing yang terlalu tebal.

Demikian sahabat muslimah, penjelasan lengkap dari bahan kain twiscone yang dapat kami tulis, semga dapat menambah wawasan sahabat muslimah, paling tidak dapat membedakan bahan busana sehingga tidak tertipu saat membeli busana atau kain. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply