7 Bukti Pengorbanan Istri Yang Tidak Disadari Suami

Sahabat muslimah, dalam hal membangun rumah tangga, tentunya akan ditemui manis-pahit kehidupan. Berikut adalah 7 hal yang menjadi bukti pengorbanan dari isteri yang terkadang jarang disadari oleh suaminya. Apa saja hal tersebut?

  1. Sebagai seorang isteri, ia siap mengorbankan impian-impiannya sendiri demi menjalankan roda kehidupan rumah tangga seperti mengurus suami yang terkadang masih bersifat kekanak-kanakan dan minta diurus, serta anak-anak yang bandel.

    pengorbanan isteri yang tidak diketahui suami
    ilustrasi:pengorbanan isteri yang tidak diketahui suami. image: internet
  2. Ia harus menyiapkan makanan untuk keluarganya. Ketika suami mencela masakannya, ia akan bersusah payah belajar masak dari siapapun untuk bisa menghidangkan makanan dengan rasa terbaik pada suami dan anak-anaknya.
  3. Ia harus bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Jam kerjanya tak berbatas. Ia bangun ketika bisa jadi siapapun di rumah belum bangun, mulai bekerja, memasak, membersihkan rumah, mencuci pakaian, lalu mengurus suami sebelum pergi bekerja, mengurus anak-anak berangkat sekolah, ketika pakaian kering di jemuran ia akan mengangkatnya dan menyetrika dengan rapi.
  4. Kemudian setelah begitu capek mengurus rumah tangga, malam giliran memenuhi ini itu suaminya. Mulianya seorang isteri adalah: tukang masak, tukang cuci, cleaning service, babu dan wanita penghibur digabung jadi satu.
  5. Ketika suaminya menginginkan untuk punya anak 4,5,6 atau 9 orang, ia sebagai isteri harus siap menderita mengandung anak dan bertarung nyawa melahirkannya. Suami kadang tidak terlalu paham penderitaan macam begini karena mereka tidak mengalaminya
  6. Meski laki-laki tak paham benar, tapi Allah Maha Mengerti, karena itulah ia memberi balasan kepada pengorbanan perempuan. Bagi yang meninggal karena melahirkan anak, Allah SWT langsung memberinya surga. Bagi isteri yang setia bekerja mengurus rumah tangganya, dengan sabar dan ikhlas, maka silahkanlah ia masuk surga dari pintu mana saja ia suka.
  7. Ketika suami menikah lagi dan perempuan berusaha menerima (karena alasan ekonomi atau agama atau alasan apapun), ia akan duduk sendiri di setiap malam dalam gelap kamar saat suaminya tengah mendekap mesra seorang perempuan lain di ranjang lain. Ia akan (mungkin) menangis karena terluka, tapi demi anak-anak ia akan berusaha menerimanya dengan sabar.

Mulialah wanita shalihah. Di dunia, ia akan menjadi cahaya bagi keluarganya dan berperan melahirkan generasi dambaan. Jika ia wafat, Allah akan menjadikannya bidadari di surga. Kemuliaan wanita shalihah digambarkan Rasulullah Saw. dalam sabdanya, “Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah”. (HR. Muslim).

Demikianlah 7 hal yang menjadi pengorbanan isteri dan wanita muslimah dalam kehidupan berumah tangga. Walaupun terlihat sangat berat, namun Allah SWT memberikan banyak kemudahan baginya dalam menggapai surga. Apa yang dilakukannya dengan ikhlas dalam memberikan pelayanan kepada suami dan keluarganya, maka Allah SWT akan memberikannya surga. Oleh karena itu sahabat muslimah, kita tidak boleh membandingkan tugas dan pekerjaan antara suami dan isteri dalam hidup berumah tangga, karena bagi suami juga ada banyak tugas yang menanti. Semoga kita dapat menjadi isteri shalihah yang dapat menggapai surga dari pintu mana saja karena kesetiaan kita dalam menjalankan kehidupan berumah tangga, Amiin. (dari berbagai sumber).

Leave a Reply