5 Tips Cerdas Muslimah Berjilbab Yang Sering Mengendarai Sepeda Motor

0
4479

Sekarang ini kemacetan lalu lintas di kota-kota besar sudah menjadi hal yang umum. Mau pagi, siang, sore maupun malam tetap saja kemacetan ini tidak menghilang, apalagi saat jam para karyawan mau masuk kerja atau pulang kerja, kemacetan akan makin parah. Sehingga tak jarang untuk jarak 10 kilometer saja sampai satu jam perjalanan.

muslimah naik sepeda motor
muslimah naik sepeda motor. image credits: myquran.org

Nah salah satu solusi bagi sahabat muslimah yang aktif dan sibuk di luar, satu-satunya jalan untuk mempersingkat waktu perjalanan adalah dengan mengendarai sepeda motor sendiri. Dengan kendaraan sepeda motor ini sahabat bisa lebih mudah untuk mengambil jalan-jalan dan celah yang sempit dimana mobil angkutan tidak bisa lewat. Namun ada kendalanya yaitu harus memperhatikan busana muslimah dan jilbab yang dipakainya agar tidak tampak aurat karena tersingkap secara tak sengaja, ataupun hal-hal lain yang dapat mengganggu kenyamanan perjalanan sahabat.

Tips Mengendarai Sepeda Motor Bagi Muslimah

Dalam mengendarai sepeda motor, perlu diperhatikan tips berikut bagi muslimah agar perjalanan lebih nyaman dan tenang, yaitu:

1. Janganlah terlalu berlebihan dalam berbusana muslimah

Saat naik sepeeda motor adalah waktu dimana kondisi keamanan sahabat muslimah berkurang drastis, dan banyak terjadi kejahatan yang diakobatkan karena kelengahan dari sang korban saat mengendarai sepeda motor seperti meletakkan tas di belakang, menggunakan busana dan perhiasan yang menyolok, dan sebagainya. Oleh karena itu, pakailah busana muslimah yang tidak berlebihan, gunakan jaket tebal untuk menghindari masuk angin, dan letakkan barang bawaan ditempat yang aman misalkan pakailah tas punggung didepan, dan sebagainya. Jangan lupa menutup wajah dengan masker atau kain agar tidak terlihat oleh orang yang tidak baik, selain untuk menghindari debu dan polusi.

2. Selalu menggunakan dalaman legging atau celana panjang

Saat berkendara sahabat tidak mungkin melihat kondisi rok atau pakaian sahabat, apakah aman atau tersingkap. Nah untuk menghindari aurat terlihat karena tidak sengaja, maka selalu gunakanlah legging atau celana panjang untuk dalaman busana muslimah sahabat. Hal ini akan jauh lebih aman dan syar’i.

3. Selalu memakai kaos kaki yang menutup sampai ke legging

Sahabat muslimah, kaos kaki adalah pelengkap busana muslimah yang saat ini sudah menjadi wajib hukumnya dalam berbusana yang syar’i. Dengan memakai kaos kaki maka tidak akan ada perasaan was-was saat bepergian, apalagi mengendarai sepeda motor karena seluruh kaki yang juga merupakan salah satu bagian aurat sudah tertutup dengan sempurna. Selain itu dengan menggunakan kaos kaki sahabat muslimah dapat menggunakannnya untuk mengerjakan shalat tanpa perlu menggunakan mukena – cukup dengan menggunakan busana muslimah, jilbab syar’i dan kaos kaki saja sudah memenuhi persyaratan dalam melaksanakan ibadah sholat.

4. Jagalah agar pakaian muslimah tidak tersangkut

Tips berikutnya bagi muslimah dalam mengendarai sepeda motor adalah menjaga pakaian agar tidak tersangkut, baik di bagian sepeda motor maupun parahnya masuk ke roda. Hal ini karena busana muslimah yang cukup lebar dan longgar sehingga terkadang ujung roknya dapat masuk ke roda sepeda motor. Ada beberapa kejadian dimana saat muslimah mengendarai sepeda motor, ternyata ujung roknya masuk ke roda. Untuk itu sahabat muslimah harus waspada dengan hal ini.

5. Membawa jilbab dan inner pengganti

Mengendarai sepeda motor itu berarti sahabat muslimah tidak terlindungi dari sinar matahari. Disaat kondisi musim panas, matahari bersinar sangat terik, dan karena kepala kita mengenakan helm, maka kulit kepala akan menjadi mudah berkeringat karena panas. Nah keringat ini biasanya menimbulkan bau yang tak sedap pada inner dan juga jilbab kita. Oleh karena itu sebaiknya sahabat muslimah perlu untuk membawa jilbab dan inner pengganti saat melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor.

Demikiaanlah tips cerdas untuk sahabat muslimah saat bepergian dengan mengendarai sepeda motor. Dengan melakukan tips ini diharapkan sahabat lebih waspada dan awas dalam perjalanan dan selamat sampai tujuan. Dan hal yang tidak boleh dilupakan adalah selalu berdoa kepada Allah saat berangkat, dengan membaca doa safar yang sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Mintalah perlindungan, semoga perjalanan selamat sampai ke tujuan, Aamiin. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply